Kamis, 18 November 2010

KM di bidang komputerisasi akuntansi

Apa itu Komputer akuntansi?

Komputer Akuntansi merupakan salah satu Jurusan yang hampir ada di setiap universitas, selain dari jurusan Manajemen informatika ( MI ), jurusan Komputer Akuntansi atau lazimnya di singkat K_A lebih terfokus pada pelajaran yang bersifat Akuntansi namun tidak saja belajar tentang Akuntansi doang... tetapi juga belajar tentang program - program komputer layaknya FoxPro, Basic, dll, bahkan anak jurusan Komputer Akuntansi malah mendapatkan pelajaran tentang Jaringan Komputer.

Persaingan dunia bisnis yang semakin kompetitif berdampak pada perubahan berbagai proses bisnis perusahaan antara lain proses akuntansi. Pengolahan data akuntansi yang dulu banyak dilakukan secara manual tidak lagi mampu menjawab tantangan persaingan masa kini. Percepatan bisnis yang ada menuntut pengolahan data yang terkomputerisasi. Rancang bangun sistem informasi akuntansi berbasis komputer menghasilkan informasi dan laporan keuangan yang lebih cepat, akurat dan relevan bagi perusahaan. Oleh karena itu kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki ketrampilan teknologi informasi sekaligus kemampuan akuntansi sangat dibutuhkan dalam meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan.
Program pendidikan Komputer Akuntansi menghasilkan lulusan yang mampu memadukan pengetahuan akuntansi dengan penguasaan teknologi informasi. Dengan kurikulum berbasis kompetensi, Komputer Akuntansi membekali lulusannya dengan kemampuan rancang bangun sistem informasi akuntansi, pemrograman, akuntansi dan enterpreneurship sehingga menjadikan lulusan mampu bersaing dalam mengisi peluang dan tantangan kerja di berbagai perusahaan maupun menciptakan lapangan pekerjaan baru dibidang komputerisasi akuntansi.
Komputer akuntansi juga disusun untuk mempermudah pekerjaan akuntansi, namun komputer akuntansi memerlukan prasyarat penguasaan teknologi informasi dan komputer, sehingga yang tidak menguasai teknologi akan mencari berbagai alasan untuk menolak kehadiran sistem akuntansi komputer dengan menunjukan fakta dari kegagalan mereka sendiri.
Tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa komputer akuntansi sulit untuk diterapkan. Karena komputer akuntansi menciptakan system akuntansi yang mudah dan pragmatis. Bagian utama dari akuntansi adalah mencatat transaksi dan itu mudah !… Menyusun laporan keuangan adalah pekerjaan komputer sehingga dengan beberapa click tombol mouse dan input seperlunya, pengguna informasi dapat memperoleh informasi keuangan di media yang praktis yaitu media vusual. Kecepatan dan akurasi merupakan sumbangan yang nayata dari komputer akuntansi.
General Ledger adalah bagian utama dari komputer akuntansi. Anda cukup mencatat transaksi melalui form elektronik, selanjutnya komputer akan mengolah data transaksi tersebut sampai kesasaran akhir yaitu laporan keuangan.
Kompetensi Lulusan
• Mempunyai wawasan dan penguasaan dalam bidang manajemen dan akuntansi sesuai dengan perkembangan dunia bisnis dan industri.
• Mempunyai wawasan dan menguasai pengetahuan teknologi informasi, serta memiliki kemampuan rancang bangun Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu tertentu berikut dokumentasinya pada bidang manajemen dan bisnis yang berkembang.
• Mempunyai sikap profesional dan etika profesi yang tinggi berdasarkan ketakwaan terhadap Tuhan YME dan kecintaan terhadap tanah air.
• Mempunyai sikap profesional dan etika profesi yang tinggi berdasarkan ketakwaan terhadap Tuhan YME dan kecintaan terhadap tanah air.



1. Apa saja jenis aplikasi akuntansi komputer ?

Jenis-jenis Aplikasi Akuntansi Komputer yang ada dan telah banyak dikenal serta dipakai dalam dunia usaha adalah MYOB, DacEasy, Payroll, General Ledger, Simply Accounting, Peachtree, Acc Pac, dan lain-lain.
2. Apa manfaat dari masing-masing jenis Aplikasi Akuntansi Komputer ?

Secara umum manfaat masing-masing jenis Aplikasi Akuntansi Komputer ini hampir sama, yaitu memberikan kemudahan dalam menyusun laporan keuangan suatu perusahaan secara cepat dan efisien serta akurat.
3. Apa keuntungan penggunaan Aplikasi Akuntansi Komputer dibandingkan dengan cara manual ?

Keuntungan yang bisa dirasakan dengan menggunakan teknologi informasi Aplikasi Akuntansi Komputer adalah mendapatkan laporan keuangan secara otomatis, cepat dan memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan secara manual. Mempunyai kemampuan untuk menampilkan data secara cepat dan mudah. Mempunyai sistem pengamanan berupa password, dapat menyajikan laporan keuangan komparasi sesuai dengan data pada periode yang diinginkan.
4. Siapa yang dapat menggunakan Aplikasi Akuntansi Komputer ?
Yang dapat menggunakan Aplikasi Akuntansi Komputer ini adalah semua orang yang mengetahui prosedur standar pembukuan dan dapat mengoperasikan komputer, tidak harus seseorang yang pakar akuntansi dan atau pakar komputer.

Prospek Lulusan
• Manager EDP pada perusahaan dagang, Jasa, keuangan, pabrik, Pemerintah, dsb
• Data base administrator
• Sistem Analis dibidang Sistem Informasi Akutansi
• Programmer di bidang Sistem Informasi Akutansi
• Konsultan System Informasi Akuntansi
• Staff Accounting yang memanfaatkan Teknologi Informasi

sumber: http://triatmono.wordpress.com/
Ditulis Oleh: triatmono 2005 Dalam Project pengembangan sistim informasi.

0 komentar:

Posting Komentar